Sabtu, 12 Oktober 2019

SEJARAH SISTEM OPERASI DAN JENIS-JENISNYA

Sejarah Sistem Operasi

A. Sejarah Pada Ms DOS


MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson—yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS—pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

LINK:https://id.wikipedia.org/wiki/MS-DOS

1.Pengembangan
IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS; di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan "IBM PC-DOS" (singkatan dari International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya, IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft, seperti program-programnya atau utilitas yang disertakannya. Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. Tapi, MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2.
Microsoft, ketika melisensikan DOS kepada IBM, menandatangani perjanjian lisensi yang salah satu poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS kepada perusahaan selain IBM, dan para perusahaan tersebut dipersilakan mengubah nama MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan (contoh: TandyDOS, Compaq DOS, dan lainnya). Kebanyakan versi-versi tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS-nya, tetapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya sehingga para perusahaan lain harus menggunakan nama MS-DOS, bukannya nama yang telah dikustomisasi sebelumnya. Hanya IBM yang diberikan keleluasaan untuk terus menggunakan nama IBM PC-DOS, bukannya MS-DOS.
MS-DOS pun berkembang cukup cepat, dengan fitur-fitur signifikan yang diambil dari beberapa sistem operasi lainnya seperti Microsoft Xenix—salah satu varian sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh Microsoft—dan DR-DOS milik Digital Research, serta produk-produk utilitas lainnya seperti Norton Utilities dari Symantec Corporation (produk yang diadopsi seperti Microsoft Disk Defragmenter), PC-Tools dari Central Points (produk yang diadopsi seperti Microsoft Anti-Virus), manajer memori diperluas atau EMM (Expanded Memory Manager) QEMM dari Quarterdeck (produk yang diadopsi seperti EMM386), kompresi disk (atau disk compression) DriveSpace dari Stac Electronics, dan masih banyak produk yang diadopsi lainnya.
Ketika Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor baru yang disebut dengan Intel 80286, Microsoft dan IBM memulai proyek sistem operasi baru pengganti DOS yang disebut dengan OS/2, yang pada dasarnya adalah versi MS-DOS yang berjalan dalam modus terproteksi (protected mode). Tapi, Microsoft meninggalkan proyek OS/2 tersebut untuk memfokuskan diri pada pengembangan Microsoft Windows dan Microsoft Windows NTDigital Research membuat sebuah antarmuka grafis yang disebut dengan GEM, tetapi sangat kurang populer pada komputer IBM PC atau kompatibel. GEM ternyata mendapat pasarnya pada mesin komputer ATARI ST, tetapi akhirnya disalip lagi oleh Microsoft dengan versi Windows 3.0.

B. Sejarah Pada Windows
Operating System (OS) atau sistem operasi merupakan perangkat lunak yang dibutuhkan agar sebuah komputer dapat berfungsi dengan baik. OS menghubungkan antara perangkat keras dengan berbagai perangkat yang terdapat pada komputer sehingga dapat saling terintegrasi.

Salah satu OS berbayar yang telah digunakan secara luas adalah Windows. Dari masa ke masa, Windows terus mengalami perkembangan dan masih merupakan salah satu OS yang paling banyak digunakan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian Windows, sejarah windows, dan .Pengertian Windows

Windows merupakan sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft, dimana sistem operasi ini menyediakan antarmuka grafis (GUI / Graphical User Interface) agar lebih mudah dioperasikan.
Dengan adanya Windows, pengguna tidak perlu lagi mengetikkan perintah melalui command line layaknya pada MS-DOS. Cukup dengan menggunakan mouse atau keyboard, pengguna dapat memberikan perintah untuk membuka menu, kotak dialog, menjalankan aplikasi, menghapus file dan lain sebagainya.

Windows 1 – November 1985


sinilah Windows bermula, perkembangannya dipelopori oleh Bill Gates, yang juga seorang founder Microsoft. Windows 1 original diluncurkan pada tahun 1985, yang merupakan percobaan pertama terhadap antarmuka grafis (GUI) versi 16-bit. Ciri khas Windows 1 adalah sangat bergantungnya pada penggunaan mouse.


Untuk membantu pengguna agar lebih familiar terhadap sistem ini, Microsoft juga turut menyertakan sebuah game, yaitu Reversi yang cara memainkannya sangat bergantung pada kontrol mouse, sehingga membuat orang terbiasa menggerakkan mouse.


windows 2 – Desember 1987

Sinilah Windows bermula, perkembangannya dipelopori oleh Bill Gates, yang juga seorang founder Microsoft. Windows 1 original diluncurkan pada tahun 1985, yang merupakan percobaan pertama terhadap antarmuka grafis (GUI) versi 16-bit. Ciri khas Windows 1 adalah sangat bergantungnya pada penggunaan mouse.


Untuk membantu pengguna agar lebih familiar terhadap sistem ini, Microsoft juga turut menyertakan sebuah game, yaitu Reversi yang cara memainkannya sangat bergantung pada kontrol mouse, sehingga membuat orang terbiasa menggerakkan mouse.

Windows 3.1 – 1992


Pada tahun 1992, Windows 3.1 diperkenalkan dengan ciri khas utama berupa adanya font TrueType. Permainan Minesweeper mulai bisa dimainkan dengan Windows 3.1 yang memerlukan RAM sebesar 1 MB untuk dapat bekerja. Windows 3.1 juga merupakan versi windows pertama yang didistribusikan melalui CD-ROM.

Windows Millenium Edition (ME) – September 2000

Banyak yang berpendapat bahwa Windows ME merupakan versi yang kurang begitu bagus. Walau begitu, Windows yang diluncurkan pada September 2000 ini memperkenalkan beberapa konsep penting untuk para penggunanya, seperti sistem recovery otomatis. Pada Windows ME, pertama kali diperkenalkan Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7, dan Windows Movie Maker.

windows 10 – Juli 2015


Windows 10 ini dirilis pada Juli 2015. Pada Windows 10 tetap dipertahankan tombol Start dengan desktop yang lebih seimbang. Windows 10 ini memiliki tampilan yang elegan dan minimalis sehingga membuat penggunanya nyaman dalam menggunakannya.
Beberapa fitur yang menarik dari Windows 10 adalah adanya kemampuan untuk mengganti keyboard menjadi mode mouse dan mode tablet, seperti pada komputer seperti Surface Pro 3 yang keyboardnya dapat dilepas. Dengan berbagai kelebihan Windows 10 yang menarik dan memukau, membuat banyak pengguna yang berbondong-bondong melakukan upgrade dari sistem operasi lama mereka ke Windows 10.
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Windows beserta fungsi dan sejarah Windows. Setiap versi Windows memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga tiap orang memiliki preferensi tersendiri untuk mempertahankan versi Windows yang ia miliki atau menggantinya dengan versi yang lebih baru. Yang jelas, kenyamanan pengguna menjadi salah satu prioritas terpenting yang harus diperhatikan saat Windows mengeluarkan versi barunya nanti.

Link :/https://blog.dimensidata.com/sejarah-dan-perkembangan-sistem-operasi-windows/

C.Sejarah Pada MacOS
 Pengertian MacOS
  Macintosh Operating System atau MacOS adalah sistem operasi GUI pertama besutan Apple Inc. yang digunakan untuk mengoperasikan komputer Macintosh.
Sebagai sistem operasi, ketenaran MacOS memang masih kalah jika dibandingkan dengan Windows. Namun jangan salah karena ternyata sistem operasi MacOS ini menjadi yang pertama kali dalam hal penggunaan GUI atau Graphical User Interface.

Selain itu masih ada banyak fitur serta keunggulan lain yang bisa didapatkan dengan menginstall sistem operasi yang satu ini. Selain dapat digunakan pada perangkat komputer, MacOS juga bisa diinstall di smartphone atau gadget lain sesuai ketentuan atau spesifikasi yang berlaku.


Anggapan bahwa MacOS ini merupakan merupakan bagian dari Unix sama halnya seperti Linux muncul karena penggantian nama menjadi OS X dan MacOS X server. Selain itu penggunaan kernel BSD yang ada pada MacOS X server juga menjadi faktor lain yang semakin menguatkan anggapan tersebut.


Sejarah MacOS
Sistem operasi MacOS atau Macintosh Operating System pada awalnya dinamakan OS X oleh perusahaan pengembangnya yakni Apple Inc. Mendengar nama Apple ini mungkin sebagian orang tidak menyangka karena memang lebih identik pada produk smartphone dengan iOS sebagai sistem operasinya.


Namun ternyata sebagai salah satu perusahaan raksasa penyedia berbagai macam perangkat lunak, Apple Inc juga turut andil dalam meluncurkan MacOS untuk pertama kali pada tahun 1986. Dengan penggunaan desain yang elegan penciptaan MacOS juga melibatkan orang – orang penting yakni Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.
sejarah MacOS

Jef Raskin sebagai salah satu orang yang terlibat juga turut andil dalam pemberian nama Macintosh ini yang diambil dari jenis apel kesukaannya. Setelah kemunculannya pertama kali pada tahun 1986, MacOS mengalami beberapa kali pengembangan atau update, bahkan sempat berganti nama menjadi MacOS X server pada tahun 2001 yang menjadi penerus dari MacOS 8 dan MacOS 9. Penggunaan “X” ini juga ditafsirkan beberapa pihak menjadi sebuah kewajiban karena penggunaan basis Unix dalam pembuatannya.

MacOS X server pada dasarnya memang mirip dengan versi aslinya, namun dengan catatan bahwa dalam mencakup keperluan piranti lunak untuk keperluan manajemen dalam komputer dengan skala lebih besar. Selain itu masih ada fitur – fitur tambahan lain yang disediakan seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS dengan lisensi OS yang juga berbeda.
Kelebihan MacOS
  1. Penggunaan GUI (Graphical User Interface) pada MacOS menjadikan tampilannya lebih menarik dan elegan sehingga sangat cocok untuk keperluan desain serta multimedia.
  2. Penggunaan basis UNIX yang diterapkan menjadikan pemakaiannya lebih stabil serta dalam segi keamanan juga sangat terjamin (bebas dari virus, spyware dan malware).
  3. Kompatible bagi semua sistem operasi. Artinya anda tidak perlu khawatir jika membuat dokumen dalam format tertentu seperti PDF, HTML, MP3, TEXT, DOC, XLS dan lainnya di MacOS karena bisa juga dijalankan pada sistem operasi lain.
  4. Dari segi kemudahan penggunaan juga cukup terjamin karena anda secara langsung dapat mencoba sekaligus belajar mengenai cara penggunaannya, selain itu support hardware pada MacOS juga cukup jelas.
  5. Untuk mencari data dalam harddisk, penggunaan internet juga sangatlah mudah dan dapat dilakukan dengan memasukkan kata kunci.
  6. Kemampuan dalam hal backup system juga sangat baik dan dapat dilakukan secara otomatis sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan perubahan – perubahan yang terjadi pada data tidak tersimpan.
  7. Dan masih banyak lagi
Kekurangan MacOS
  1. Dibalik semua keunggulan yang ditawarkan ternyata MacOS masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah harga yang cukup tinggi mengingat pihak Apple sendiri juga selalu memberikan harga tinggi pada semua produknya termasuk juga sistem operasi MacOS.
  2. Sistem operasi MacOS memang lebih cenderung digunakan hanya pada keperluan desain grafis saja, bahkan sistem ini tidak mensupport keperluan gaming.
  3. Pada suatu komputer MacOS tidak bisa digunakan bersamaan dengan sistem operasi lain, tidak seperti Windows yang juga mampu menjalankan Linux meskipun dalam pengemasan VirtualBox.
  4. Pihak Apple sebagai pengembang juga tidak pernah memberikan lisensi kepada semua perusahaan yang ingin hardwarenya mensupport MacOS, sehingga tidak bisa dirakit sendiri oleh siapapun.

D.Sejarah Pada OS Linux

Linux merupakan sistem operasi berbasis open source. Kernel sistem operasi Linux di ciptakan oleh Linus Torvald pada tahun 1991 saat dia masih berada dalam masa kuliah di Universitas Helsinski, Finlandia.
Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux - www.dedyprastyo.com
Jauh sebelum Linus Torvald mengembangkan kernel Linux Richard Stallman sudah terlebih dahulu mengembangkan project GNU. Dalam project ini Stallman adalah untuk menciptakan sistem operasi yang benar-benar free (free di sini berarti bebas untuk di kembangkan, free tidak selalu gratis).
Proses development yang di lakukan oleh Linus baru sebatas kernel. Kernel yang ia kembangkan baru dapat membaca harddisk dan device yang terhubung ke komputer. Pada bulan September di tahun 1991 kernel ini di luncurkan dengan nama Linux. Kernel ini sendiri di beri versi 0.01. Kernel ini kemudian di gabungkan dengan project GNU hingga terbentuklah nama GNU/Linux.
Setelah itu perkembangan Linux menjadi sangat cepat. Pada 5 Oktober 1991 Linus mengumumkan kernel Linux 0.02 dan pada 19 Desember 1991 dia kembali memperkenalkan versi kernel 0.11 yang mana pada versi ini Linux sudah dapat berfungsi selayaknya sistem operasi standar.

Sampai versi 0.11 kernel Linux masih berlisensi free software. Namun pada rilis berikutnya Linus mengganti lisensi kernel yang ia ciptakan menjadi GNU/GPL (General Public License) hal ini membuat siapapun dapat melihat, mengembangkan dan berpartisipasi dalam proses development Linux.

Pada awal kemunculanya yakni pada dekade 1990-2000, Linux hanya di gunakan pada lingkungan aplikasi berskala besar seperti web server, network server dan database server. Namun setelah itu Linux mulai di kembangkan untuk desktop. Banyak variasi sistem operasi Linux (atau di sebut Distro Linux) mulai dari RedHat, Debian, Slackware beserta turunanya (RedHat memiliki distro turunan seperti Fedora dan CentOS, Debian memiliki distro turunan seperti Ubun

Perkembangan Sistem Operasi Linux
Sistem operasi Linux telah banyak mengalami perkembangan sejak pertama kali di kembangkan oleh Linus Torvald pada 1991.1983   : Richard Stallman memprakarsai project GNU (Gnu’s Not Unix) untuk menciptakan sistem operasi free (free = bebas)
September 1991    : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.01
5 Oktober 1991     : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.02
19 Desember 1991: Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.11
5 Januari 1992      : Linus Torvald merilis kernel Linux versi 0.12
1996                     : Kernel Linux versi 2.0 di rilis
Januari 1999         : Kernel Linux versi 2.2 di rilis
Januari 2001        : Kernel Linux versi 2.4 di rilis
2011                     : Kernel Linux versi 3.0 di rilis



Lisensi Sistem Operasi Linux

Linux di lisensikan berdasar GNU/GPL. GNU/GPL merupakan kepanjangan dari General Public License merupakan jenis liesensi dimana pengguna dapat melihat, mengubah dan mengembangkan kode dari sebuah program yang terlisensi dalam GPL namun pengguna harus tetap patuh pada aturan dasar seperti mencantumkan lisensi GPL pada kode yang ia rubah dan tidak boleh mengklaim software yang ia modifikasi untuk tujuan komersil.

Link : https://www.dedyprastyo.com/2017/11/sejarah-singkat-sistem-operasi-linux/

E.Sejarah Pada OS Android


Berbagai kode program di kembangkan dan pada tahun 1991 kode ini telah terkumpul hanya kurang satu yaitu kernel. Sementara itu di tempat lain Linus Torvald yang saat itu masih menjadi mahasiswa di Universitas Helsinski mengembangkan project pribadi untuk mengembangkan kernel sistem operasi yang mirip dengan UNIX (atau di sebut UNIX like).
Sejarah Android Htc Dream
Sebelum dimiliki oleh Google, Android sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc. yang didirikan di Palo Alto, California pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.

Perusahaan ini sendiri memang sedari awal sudah didukung secara finansial oleh Google sebelum akhirnya dibeli pada tahun 2005. Walaupun sudah dibeli oleh Google, tapi para pendiri Android, seperti Rubin, Miner dan White tetap bekerja di perusahaan.
Sejarah Android Tujuan Awal
Akhirnya, pada tahun 2007, dirilislah sistem operasi pertama Android dengan ditandai juga didirikannya Open Handset Allience (OHA) yang tidak lain dan tidak bukan adalah bekerja untuk melakukan pengembangan standar terbuka bagi perangkat seluler. Di tahun 2008, akhirnya dirilislah HTC Dream, HP pertama yang menggunakan sistem operasi Android.

Tujuan Awal Bukan Untuk Sistem Operasi HP
Walaupun sekarang Android telah sukses dan digunakan oleh setiap vendor smartphone untuk menunjang kinerja produknya, tapi ternyata awal mulanya Android dikembangkan untuk kamera digital lho. Namun, sadar jika pasar untuk perangkat tersebut tidak telalu besar, akhirnya tujuannya pun dialihkan walaupun pada akhirnya ada kamera digital juga yang menggunakan sistem operasi ini.

Setelah itu, Android akhirnya dibuat untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile. Namun, agar informasi tentang sistem operasi ini tidak bocor ke para rivalnya, pengembangan sistem operasi ini dilakukan secara diam-diam, walaupun para pengembangnya sendiri adalah pakar-pakar teknologi yang berpengalaman.


 Nasib Para Pendiri Android
Walaupun para pendiri Android akhirnya ikut bekerja ketika Android dibeli oleh Google, namun akhirnya mereka mengundurkan diri dari perusahaan. Lalu bagaimana nasib mereka?
Rich Miner sendiri memang tidak sepenuhnya hengkang dari tim Android beberapa waktu setelah perusahaan Android Inc. dibeli oleh Google, dia kahirnya bergabung dengna tim Google Ventures di bulan Maret 2009 dan berkantor di Cambridge, MA.
Sejarah Android Pendiri
Andy Rubin sendiri yang mendirikan Android Inc. akhirnya hengkang dari Google setelah menduduki beberapa posisi penting, seperti Senior Vice President of Mobile and Digital Content, dan mengepalai proyek barunya Google. Pada Oktober 2014, akhirnya dia hengkang dan pada November 2017, Rubin memperkenalkan perusahaan smartphone-nya yang bernama Essential.
Versi-Versi Android Sejarah Android Versi
Di bawah ini menunjukkan versi-versi Android yang telah dirilis dari pertama sampai versi Android terbaru yang mungkin belum semua merasakannya. Dari tabel ini bisa kita lihat bagaimana sistem operasi Android terus tumbuh seiring perkembangannya teknologi. Yuk, langsung disimak!
Versi    Codename Tanggal Rilis
1.0       Astro Boy 23 September 2008
1.1       Bender            -
1.5       Cupcake Mei 2009
1.6       Donut  September 2009
2.0-      Eclair   26 Oktober 2009
2.2       Froyo   20 Mei 2010
2.3       Gingerbread 6 Desember 2010
3.1       Honeycomb 10 Mei 2011
4.0.3    Ice Cream Sandwich   16 Desember 2011
4.1.x    Jelly Bean 9 Juli 2012
4.4       KitKat 31 Oktober 2013
5.x       Lollipop 15 Oktober 2014
6.0       Marshmallow  10 Agustus 2015
7.0       Nougat  22 Agustus 2016
8.0       Oreo    21 Agustus 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar